Rabu (24/06/2020) Kapolsek Singaparna AKp Kresno, SH bersama Bhabinkamtibmas Desa Singasari Polsek Singaparna AIPDA Suyanto melaksanakan giat Monitoring dan pengamanan pada pelaksanaan Tes PCR Massal di Puskesmas Tinewati Desa Singasari Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya.

Kapolsek menjelaskan bahwa Kegiatan Tes PCR ini merupakan slah satu Program Pemkab Tasikmalaya melalui Dinas Kesehatan,  dalam pelaksananya diserahkan kepada (Dinas Kesehatan setempat) UPTD Puskesmas Tinewati.

Kepala UPTD Puskesmas Tinewati H. Dais menjelaskan bahwa PCR atau Polymerase Chain Reaction adalah pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus. Saat ini, PCR juga digunakan untuk mendiagnosis penyakit COVID-19, yaitu dengan mendeteksi material genetik virus Corona, Material genetik yang ada di dalam setiap sel, termasuk di dalam bakteri atau virus, bisa berupa DNA (deoxyribonucleic acid) atau RNA (ribonucleic acid). Kedua jenis materi genetik ini dibedakan dari jumlah rantai yang ada di dalamnya. Keberadaan DNA dan RNA ini akan dideteksi oleh PCR melalui teknik amplifikasi atau perbanyakan. Nah, dengan adanya PCR, keberadaan material genetik dari beberapa jenis penyakit akibat infeksi bakteri atau virus akan bisa dideteksi dan akhirnya bisa membantu diagnosis untuk penyakit tersebut.

Selain untuk mendiagnosis sejumlah penyakit di atas, tes PCR juga digunakan untuk mendeteksi virus Corona penyebab COVID-19. COVID-19 adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 yang lebih sering disebut virus Corona. Virus Corona penyebab COVID-19 ini merupakan jenis virus RNA, ungkapnya.

Pada kesempatan ini ada 24 orang yang telah mendapatkan pelayanan Tes PCR di UPTD Puskesmas Tinewati Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Selama pelaksanaan tes tersebut diberlakukan protokol kesehatan dalam penanganan Covid-19 baik petugas yang memeriksa maupun warga masyarakat yang diperiksa/di tes.