Peringatan Hari Kartini yang dirayakan setiap tanggal 21 April dirayakan tidak hanya dengan bersanggul dan mengenakan kebaya.

Di Tasikmalaya misalnya, Polwan atau Polisi Wanita Polres Tasikmalaya merayakan Hari Kartini dengan cara yang berbeda. Bukan dengan berdandan ala Kartini, namun Polwan-polwan cantik ini memperingati Hari Kartini dengan menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat.

Sejak pukul 07.30 Wib sampai dengan 10.00 Wib, para wanita tangguh ini sudah berkumpul di Mapolres Tasikmalaya menuju Alun-alun Singaparna yang hanya berjarak 2 (dua) km dari Polres. Peralatan Kurve (Alat kebersihan) seperti sapu, pengki, lap, dan tak lupa bingkisan untuk Bhakti Sosial pun sudah dipersiapkan.

“Kegiatan ini kami laksanakan untuk memperingati hari Kartini dengan maksud agar para Kartini Muda Tasikmalaya (Polwan Polres Tasikmalaya) berkontribusi terhadap lingkungannya. Sehingga hari Kartini tidak hanya dirayakan dengan menggunakan kebaya, tetapi juga Semangat Juang Ibu Kartini yang harus kita tanamkan,” Kata Bripka Idah Nuraisah, Pakor Polwan Polres Tasikmalaya, Sabtu(21/4/2018).

Setelah pelaksanaan kurve (bersih-bersih) Alun-alun Singaparna, para Polwan ini kemudian menyusuri jalan seputar Masjid Agung Singaparna. Mereka memberikan bingkisan kepada para petugas parkir, petugas sampah, pemulung dan para pedagang kaki lima yang berada di sekitar masjid.

“Bhakti Sosial ini dilaksanakan sebagai bentuk peduli kami terhadap masyarakat. Semoga dengan adanya perayaan Hari Kartini, Kami (Polwan Polres Tasikmalaya) semakin profesional dan bermanfaat bagi masyarakat,” jelas Bripka Idah.